datamaskumham

DataMasKumHam

[ Database Permasalahan Hukum Dan Hak Asasi Manusia ]

DataMASKumHAM adalah system sebagai pusat informasi untuk berbagai data dan informasi yang berkaitan dengan permasalahan Hukum dan HAM yang di proyeksikan dalam tampilan Maps, guna mendukung pengambilan kebijakan Balitbangkumham, sebagai pedoman/ basis data dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan di wilayah sesuai permasalahannya. Baik basis data dalam penentuan penelitian (tema dan lokus) dan pengembangan (sosialisasi) sesuai wilayah dan sesuai permasalahannya.

Database permasalahan adalah teknik penyajian yang menggambarkan seluruh data dan informasi selengkap mungkin, sehingga menggambarkan struktur permasalahan di seluruh wilayah baik permasalahan hukum maupun HAM. Subsistem ini juga dapat dibangun sebagai sistem analisis isu kajian hukum dan HAM diseluruh wilayah. Kontribusi data dan informasi sebagai partisipan/ operator data dalam menyuplai informasi adalah bidang HAM dan Hukum di Kantor Wilayah yang paling mengetahui permasalahan atau isu hukum dan HAM di masing-masing wilayah.

DataMASKumHAM bertujuan mendukung tugas dan fungsi Balitbangkumham dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dari berbagai pusat penelitian dan pengembangan di lingkungan Balitbangkumham . Ruang lingkup data dan informasi adalah identifikasi permasalahan Hukum dan HAM atau analisis isu kajian hukum dan ham yang mengemuka berdasarkan:

  • Permasalahan yang menjadi perhatian masyarakat dengan adanya liputan media massa intensif atau meluas;
  • Pengaduan permasalahan yang diterima Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM;
  • Masukan dari pihak-pihak yang berkompeten atas permasalahan yang diajukan antara lain kepolisian, kejaksaan, pengadilan, lembaga pemerhati hak asasi manusia, kelompok minoritas, komunitas tertentu, dll. maupun
  • Pandangan internal Divisi Pelayanan Hukum dan HAM sendiri terhadap suatu pokok permasalahan dalam perspektif Hukum dan HAM.